Jumat, 13 November 2015

TARI RUDAT

TARIAN TRADISIONAL " RUDAT LOMBOK "



tari rudat lombokKesenian tarian rudat dapat dijumpai hamper di setiap kelurahan. Kini sekolah-sekolah juga sudah menjadikan kesenian ini sebagai pengisi pelajaran tambahan. Penari rudat berjumlah 10 orang dengan beberapa orang yang memainkan musik sebagi pengiringnya. Pemain musik ini memiliki peran masing-masing dalam memainkan alat seperti seruling, tambur dan gendang serta satu orang lagi mengiringi dengan syair-syair khas tarian rudat ini. Lama pemainan tarian ini pun bervariasi, tapi biasanya dimainkan  selama kurang lebih 10 menit. Mulai dari pembukaan, shalawat atau dzikir dan penutup.

Kandungan syair-syair dalam lantunan pengiring rudat juga bernafaskan pujian dan dzikir menggunakan kebesaran allah SWT. Para penari rudat menggunakan konstum yang mirip dengan prajurit dari Negara turki zaman dulu. Mulai baju dari saten, menggunakan sabuk, memakai bapang(semacam pangkat), menggunakan tarbus (semacam kopiah) dan juga mnggunakan sorban di kepala.


Jika anda salah satu pencinta kesenian daerah kesenian rudaT pantas untuk disaksikan di sela-sela kunjungan di kota mataram anda nantinya. Anda mempelajari gerakan-gerakannya maupun mempelajari sejarah dari kesenian ini. Dengan demikian, kunjungan anda ke kota mataram nantinya akan semakin berkesan untuk diingat dan di ceritakan kepada kerabat dan keluarga anda. (sumber: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram/Buku Ayo ke Mataram) 


1 komentar:

  1. AIS LOMBOK TOUR TRAVEL || Transport and Event Management
    Paket Tour Lombok - Transportasi - Sewa Mobil dan Charter Bis - Hotel - Outbound & Team Building - Gathering dan Event Organizer - Paket Meeting - Untuk Informasi Hubungi : Phone /Chat : 081 339 647 893 Email: aislombok@gmail.com

    https://aisltours.blogspot.com/

    BalasHapus

SEWA BUS DAN MOBIL

Jasa Wisata Di Lombok

  Jasa Wisata Di Lombok Jasa Wisata Di Lombok Jasa Wisata Di Lombok , Ais Lombok Travel dan Event management adalah sebuah  Perusahaan Jasa ...

Popular Posts